Tsunami

Sebenernya ni topik dah banyak ditulis ma orang lain,tapi sekedar untuk nambah pengetahuan ya gak pa2 lah,

Kata tsunami berasal dari bahasa jepang yang artinya ombak besar di pelabuhan, adalah sebuah ombak yang terjadi setelah sebuah gempa bumi, gempa laut, gunung berapi meletus, atau hantaman meteor di laut. Tenaga setiap tsunami adalah tetap terhadap fungsi ketinggian dan kelajuannya. Dengan itu, apabila gelombang menghampiri pantai, ketinggiannya meningkat sementara kelajuannya menurun. Gelombang tersebut bergerak pada kelajuan tinggi, hampir tidak dapat dirasakan efeknya oleh kapal laut (misalnya) saat melintasi di laut dalam, tetapi meningkat ketinggian hingga mencapai 30 meter atau lebih di daerah pantai. Tsunami bisa menyebabkan kerusakan erosi dan korban jiwa pada kawasan pesisir pantai dan kepulauan.


Gambar Tsunami menurut Hokusai, seorang pelukis Jepang dari abad ke 19.

kita pasti tak bisa melupakan kejadian pada akhir tahun 2004 lalu,gempa bumi yang terjadi di Samudra Hindia, lepas pantai barat Aceh.
Gempa terjadi pada waktu 7:58:53 WIB. Pusat gempa terletak pada bujur 3.316° N 95.854° EKoordinat: 3.316° N 95.854° E kurang lebih 160 km sebelah barat Aceh sedalam 10 kilometer. Gempa ini berkekuatan 9,3 menurut skala Richter dan dengan ini merupakan gempa bumi terdahsyat dalam kurun waktu 40 tahun terakhir ini yang menghantam Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Di Indonesia, gempa menelan lebih dari 126.000 korban jiwa. Puluhan gedung hancur oleh gempa utama, terutama di Meulaboh dan Banda Aceh di ujung Sumatra. Di Banda Aceh, sekitar 50% dari semua bangunan rusak terkena tsunami. Tetapi, kebanyakan korban disebabkan oleh tsunami yang menghantam pantai barat Aceh dan Sumatra Utara.

ada beberapa gambar menarik yang terjadi pada tsunami ini :


Subhanallah!!!!!!!!!!!!MAHA BESAR ALLAH dg segala ciptaannya.mudah2an tsunami memberi peringatan kepada kita bahwa sesungguhnya ALLAH yg mnciptakan n merncanakan sesuatu yg ada didunia,


trus ni ada lagi

gimana carannya bisa nyangkut disitu

Rian

Referensi :

wikipedia.org

google.com

fotokita.net

0 komentar:

 

© Copyright Cerita Rians . All Rights Reserved.

Designed by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine

Blogger Template created by Deluxe Templates